Dibanding Tahun Lalu, Qurban Tahun Ini Mengalami Penurunan


Rabu,30 Agustus 2017 - 19:00:06 WIB
Dibanding Tahun Lalu, Qurban Tahun Ini Mengalami Penurunan foto ilustrasi.

PELALAWAN,RIAUBERNAS.COM.  - Dibanding tahun 2016 lalu, jumlah peserta qurban tahun 2017 ini, mengalami penurunan sekitar 15 persen, yakni sebanyak 7.241 orang. Sementara saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan telah memperoleh estimasi kebutuhan hewan qurban di Negeri Seiya Sekata ini. Dimana estimasi atau permintaan hewan kurban di Kabupaten Pelalawan sebanyak 1.296 ekor yang terdiri dari hewan sapi, kambing dan kerbau.

"Data ini bisa kita ekspose setelah turun ke lapangan dan melakukan survei serta mengecek langsung ke agen hewan penjualan qurban yang ada di daerah ini. Sedangkan estimasi atau perkiraan akan kebutuhan hewan qurban pada lebaran kali ini, dari hasil data masing-masing kecamatan, aman dan terpenuhi kebutuhan akan hewan qurban, sehingga tidak perlu mendatangkan hewan qurban dari luar daerah. Pasalnya, untuk kebutuhan hewan qurban masih bisa terpenuhi oleh pedagang lokal. Jadi peserta qurban saat membeli hewan qurban, cukup memesannya kepada pedagang tanpa melibatkan Dinas Peternakan. Artinya, kebutuhan hewan qurban bisa terpenuhi dari hewan lokal yang disediakan oleh pedagang. Dan sekarang pesanan hewan qurban masyarakat sudah ada di masing-masing agen yang menerima pesanan," terang Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan H Mazrun Mansyur SH pada media ini, Rabu (30/8).

Mazrun menjelaskan bahwa dalam pengecekan langsung ke agen penjualan hewan qurban tersebut, pihaknya juga memastikan kelayakan hewan dari sisi kesehatan, umur dan kondisi fisik hewan tersebut apakah cacat atau tidak. Selain itu, pihaknya juga memeriksa kelengkapan dokumen ternak yang diperjual-belikan tersebut.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum terjadi penyimpangan. Artinya, semua hewan ternak yang kita tinjau masuk dalam kriteria yang boleh diperjual belikan dengan dokumen yang lengkap. Dan pengawasan ini akan kita lakukan sampai pada pelaksanaan qurban nantinya," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa rincian jumlah kebutuhan hewan qurban sesuai jenisnya untuk tahun ini di seluruh kecamatan. Binatang ternak jenis Sapi, kebutuhan untuk qurban mencapai 808 ekor, ada 112 ekor kerbau, dan kambing berkisar 376 ekor. Hanya saja, kebutuhan jumlah ternak di Kabupaten Pelalawan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 5 persen atau berkurang 294 ekor dibanding permintaan tahun 2016 yang mencapai 1.590. Dimana hal ini diakibatkan situasi ekonomi masyarakat yang juga mengalami penurunan.

"Jadi total kebutuhan hewan qurban pada lebaran Idul Adha tahun 1438 H/2017 M ini semuanya berjumlah 1.296 ekor. Sedangkan stok hewan kurban terbanyak di Kabupaten Pelalawan berasal dari penampungan hewan kurban di kecamatan Kerumutan yang juga menjadi pusat Pengembangan Sistem Integrasi Sapi Kelapa sawit (Siska). Untuk itu, kita harap pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1438 H tahun ini dapat berlangsung lancar danKondusif,” tukasnya.(ndy).

 

 

Editor   : Andy Indrayanto.


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com