Disperindag Pelalawan Lalai

Gas Bersubsidi Kabupaten Tetangga Beredar di Pelalawan


Selasa,29 Agustus 2017 - 17:49:54 WIB
Gas Bersubsidi Kabupaten Tetangga Beredar di Pelalawan Tabung gas 3 Kg bersegel hijau yang beredar di Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar kembali lalai dalam hal pengawasan distribusi tabung oksigen 3 kg. Pasalnya, di Kabupaten Pelalawan ditemukan tabung gas bersegel warna hijau yang notabene merupakan tabung gas untuk wilayah Siak.

Menanggapi hal ini, Kasie Pengembangan dan Perdagangan serta Promosi Disperindagsar Pelalawan, Kastan, Selasa (28/8), membantah jika pihaknya kecolongan dengan adanya tabung gas bersegel hijau itu. Alasannya, pihaknya beberapa waktu telah melakukan operasi terkait hal ini dan menyita 4 tabung gas 3 kg yang bersegel hijau di daerah SP 6.

"Beberapa waktu lalu, kami turun ke lapangan dan menemukan dsebuah warung  di SP 6 ada tabung gas yang bersegel hijau, langsung kami sita. Kalau di Pelalawan itu segelnya berwarna pink bukan hijau, kalau hijau itu untuk daerah Siak," katanya.

Namun saat dijelaskan bahwa tabung gas 3 kg bersegel hijau itu dibeli di Jalan Akasia, barulah Kastan mengakui jika belum semua pangkalan dan agen yang didatangi untuk melakukan pengecekan terkait hal ini, sesuai dengan fungsi Disperindagsar yang bertindak selaku pengawasan.

"Tapi saya yakin, pangkalan atau agen takkan berani menjual tabung gas yang segelnya bukan pink. Kalau ada yang membandel, izinnya pasti akan kami cabut," tandasnya.

Dikatakannya, sampai saat ini kuota tabung gas ukuran 3 kg untuk Kabupaten Pelalawan sebanyak 1,9 juta tabung tiap tahunnya. Dari setiap jumlah kuota yang dikirim, aturan membenarkan jika pangkalan boleh mendistribusikan kembali ke pengecer.

"Tapi batasnya hanya 30 persen saja dari jumlah setiap pengiriman, dan harganya pun diatur, tidak bisa seenaknya saja," tandasnya. (sam/ndy)



Editor    : Andy Indrayanto

 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com