Tahun Depan, Pemerintah Targetkan Pengangguran Tinggal 5,4%


Rabu,14 Juni 2017 - 02:40:18 WIB
Tahun Depan, Pemerintah Targetkan Pengangguran Tinggal 5,4% Kepala Bappenas RI, Bambang Brodjonegoro. (Int.)
JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada 2018 dapat turun hingga 5,4 persen. Tahun lalu, tingkat pengangguran mencapai angka 5,61 persen, dan ditargetkan akan turun menjadi 5,6 pada 2017. 
 
Hal ini disampaikan oleh Menteri Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, dalam Rapat Kerja Badan Anggaran DPR-RI, Selasa, awal Juni lalu. Menurutnya, Semua target ini disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah tahun 2018 dengan mempertimbangkan berbagai kondisi ekonomi makro dalam negeri dan juga global.
 
"Target tersebut dapat dicapai dengan asumsi pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 5,4-6,1 persen dengan angkatan kerja baru kurang dari 2 juta pada 2018. 
 
Ia mengatakan, selain itu, target kesempatan kerja baru yang tercipta juga mencapai 2,3-2,5 juta lapangan kerja pada 2018. Untuk memenuhi target tersebut, pemerintah melakukan beberapa terobosan di sektor ketenagakerajaan antara lain, pertama peningkatan investasi dan anggaran lebih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dan sektor-sektor ekonomi seperti industri manufaktur. Kedua, industri padat karya dapat menampung penganggur dan setengah penganggur sehingga memperkecil kesenjangan serta mengangkat penduduk dari garis kemiskinan. 
 
"Terakhir, sektor jasa juga menjadi andalan untuk menyediakan lapangan kerja formal, terutama kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya.
 
 
Sumber : Katadata.co.id
Editor : Andy Indrayanto
 

Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]