Kadisbudparpora Pelalawan Buka Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten

Para peserta invitasi olahraga tradisional saat mengikuti upacara pembukaan olahraga tradisional

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Digelarnya Invitasi olahraga tradisional tingkat kabupaten ini adalah untuk memberdayakan dan memperkenalkan kembali permainan tradisional yang bersifat kelompok atau bersama-sama, tidak individu seperti yang banyak dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

Ini disampaikan oleh Kadisbudparpora, Andy Yuliandri S.Kom, saat membacakan sambutan Bupati Pelalawan pada pembukaan Invitasi Olahraga Tradisional di lapangan Sepakbola Pangkalankerinci, Selasa (25/4). Menurutnya, permainan olahraga tradisonal ini mengandung unsur olahraga yang merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan bersama. Sehingga ke depan diharapkan tidak akan terjadi pengakuan dan klaim dari negara lain atas kekayaan budaya yang dimiliki negara ini

"Karena itu, Kementerian Olahraga menginginkan agar olahraga tradisional ini digalakkan dari mulai tingkat Kabupaten, Provinsi sampai ke Pusat. Dan pemenang dari olahraga lomba ini akan kita kirim ke tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Mei nanti," katanya.

Apalagi dalam kegiatan lomba tradisional tahun 2015 lalu, sambungnya, kontingen kabupaten Pelalawan meraih juara 1 di cabang terompah panjang dan juara 1 di cabang enggrang. Kemudian di tahun 2012, tahun 2014 dan tahun 2016 lalu, daerah ini juga berhasil meraih juara 1 tiga kali berturut-turut bahkan menjadi duta olahraga tradisional di tingkat nasional.

"Karena itu, kita harapkan di tahun ini, Kabupaten Pelalawan kembali berhasil mengukir prestasi yang mengharumkan nama daerah ini," tukasnya.

Dalam invitasi lomba tradisonal kali ini, lanjutnya, ada empat cabang lomba tradisional yang dipertandingkan yakni Enggrang, Hadang, Terompah Panjang dan Dagongan. Tahun ini, peserta lomba yang mengikuti sebanyak 264 peserta yang mewakili 12 kecamatan yang ada di daerah ini.

"Masing-masing kecamatan diwakili oleh 22 peserta beserta official," ujarnya.

Dikatakannya, dirinya mengharapkan para peserta dapat mengikuti perlombaan ini dengan sportif. Dan bagi para juara setiap cabangnya, untuk juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 3,5 juta, juara 2 sebesar 3 juta, juara 3 sebesar 2,5 juta dan juara 4 sebesar 2 juta. (sam/ndy)

 

Editor    : Andy  Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar