Resmikan Dermaga, Bupati Minta Masyarakat Manfaatkan Hasil Pembangunan

Ketua PKK Pelalawan Hj. Mainar Harris didampingi Bupati dan Camat Kuala Kampar melakukan pemotongan pita tanda diresmikannya pemakaian dermaga di Desa Serapung.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Bupati Pelalawan HM.Harris meminta kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan sebaik–baiknya dermaga yang sudah dibangun oleh Pemerintah. Sehingga dengan begitu, masyarakat bisa sama-sama menjaga manfaat dari pembangunan.

Demikian dikatakan Bupati Harris kepada masyarakat Desa Serapung saat meresmikan pemakaian dermaga di Desa Serapung dan dermaga di Sungai Emas yang ditandai dengan penanda tanganan Prasasti oleh Bupati HM.Harris dan Pemotongan pita oleh Ketua PKK Hj. Mainar Harris, Sabtu (18/2) di Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.

Pembangunan dermaga di Sungai Emas dan di Desa Serapung dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan dengan mengunakan dana DAK. Dimana, untuk dermaga di Sungai Emas mengunakan dana DAK Tahun anggaran 2015 yang besarannya hamper mencapai 5 Milyar. Sedangkan untuk dermaga Serapung menggunakan dana DAK Tahun anggaran 2016 dengan besaran 4 Milyar. Dan merupakan dermaga terpanjang dan terlebar

dengan panjang 104 meter dan lebar 4 meter.

Harris juga menjelaskan, direncanakan sampai tahun 2021 akan dibangun lagi dermaga sebanyak 13 buah. Hal itu guna menunjang transportasi masyarakat, karena daerah Pelalawan ini banyak terdiri pulau-pulau khususnya untuk daerah Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti. Dan untuk tahun 2017 ini Pemkab akan membangun dermaga di Desa Sokoi yang nantinya juga dapat digunakan sebagai dermaga penghubung dengan Negara Tetangga.

"Sampai 2021 kita akan bangun 13 dermaga lagi.Dan untuk tahun 2017 ini kita akan bangun dermaga di Desa Sokoi yang nantinya diharapkan juga sebagai dermaga penghubung ke Negara Tetangga," terang Harris.

Dijelaskannya, sebagaimana arahan Menteri Pertanian kemarin, Pemkab harus bisa mencermati usaha ekonomi masyarakat. Dengan arahan itu, maka pihaknya akan memperluas sektor pertanian di desa Serapung ini.

"Dimana lahan untuk itu ada dan kemauan masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian sangat tinggi, dengan demikian rencana pengembangan lahan untuk pertanian dapat segera teralisasi," tandasnya.

Lanjutnya, untuk tahun 2017 ini, Pemkab mendapat bantuan dana DAK dari Pusat dan Provinsi sebesar 173 milyar. Dimana dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan jalan Lintas Bono di Kecamatan Teluk Meranti.

"Tahun 2017 ini, kita dapat bantuan dana DAK Pusat dan Provinsi sebesar 173 Milyar. Awalnya kita ajukan 250 Milyar, tapi yang terealisasi 173 Milyar. Dari Pusat 100 M dan Provinsi 73 M. Dana itu akan kita gunakan pembangunan jalan Lintas Bono," tukasnya. (sam)




Editor    : Andy  Indrayanto


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar