Normalisasi Parit Bay Park Solusi Penanganan Banjir di Bagansiapiapi


Sabtu,29 Oktober 2016 - 08:45:13 WIB
Normalisasi Parit Bay Park Solusi Penanganan Banjir di Bagansiapiapi Banjir Bagansiapiapi

ADVERTORIAL ROHIL

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memperlebar Normalisasi yang berada diparit Bepak/Bay Park, Bagansiapiapi. Perlebaran itu sebagai salah satu upaya pemerintah menangani bencana banjir di ibu Kota Bagansiapiapi dengan memperluas parit yang lebarnya hingga 15 Meter.

Bupati Rohil, H Suyatno Amp disela-sela melakukan peninjauan kegiatan normalisasi dilingkungan Parit Bepak. Parit bepak ini merupakan salah satu saluran yang akan dibersihkan dan diperlebar. Oleh sebab itu masyarakat yang memiliki lahan disekitar parit bepak diminta untuk berkoordinasi dengan camat agar pelebaran itu bisa terwujud dan terlaksana dengan baik, "pintanya.

Disebutkan Bupati, sejauh ini normalisasi masih berjalan lancar tanpa adanya hambatan dari pemilik tanah terhadap pelebaran tersebut. "kalau memang masyrakat merasa keberatan dengan pelebaran tersebut, lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dengan menunjukan bukti kepemilikan lahan berupa surat tanah, "ujarnya.

Selain memperlebar Parit Bepak, pemkab juga akan membangun lingkungan parit bepak itu seperti jalan alternatif dari jalan bulan tembus kejalan selamat, jalan bahagia, dan jalan siak ujung. "untuk itu kita mengajak Media massa untuk bisa mengawasi serta pembublikasikan normalisasi ini kepublik agar masyrakat tau kegiatan yang dilakukan oleh pemkab Rohil dalam meningkatkan pembangunan daerah, "pintanya.

Dilanjutkan, apabila parit bepak itu sudah dibersihkan dan diperlebar, Instansi terkait seperti Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) dan dinas Cipta karya dan tata ruang (CKTR) Rohil untuk membangun jalan tersebut dengan baik. Kalau normalisasi kita sudah mengusulkan anggaran kepropinsi riau sebesar Rp7 Milliar. "yang jelas Normalisasi ini salah satu program kita untuk membenahi lingkungan kota agar kedepannya terbebas dari bencana banjir, "tuturnya.

Selain mencegah terjadinya bencana banjir, pelebaran parit bepak ini juga dimanfaatkan sebagai objek wisata dan taman permainan anak-anak. "kalau perlu pada ivent memperingati HUT RI setiap tahunnya akan kita adakan berbagai perlombaan diseputaran parit bepak tersebut seperti lomba sampan dan lain sebagainya.

"pungkasnya.selain menjadikan Parit Bepak sebagai tempat objek wisata andalan, juga akan menyulap lokasi tersebut sebagai jalan alternatif menuju pusat ibukota Rohil. Pasalnya jalan pahlawan yang selama ini dijadikan sebagai jalan alternatif sudah sangat padat dan kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi.

"tahun ini telah kita programkan pembangunan dan pelebaran parit bepak yang sebelumnya hanya berukuran 6 meter menjadi 20 meter. Bagi pemilik lahan yang ada disekitar parit bepak lahannya akan kita bersihkan dengan catatan tidak meminta ganti rugi atas pelebaran jalan tersebut,"kata Bupati Rohil lagi.

Dijelaskan, Parit Bepak ini pada tahun 2010 lalu telah pernah kita buat bodi jalannya dengan ukuran 6 meter. Namun pengerjaan jalan tersebut terhenti dikarenakan terjadinya bencana banjir. "makanya tahun ini kita lanjutkan kembali pengerjaannya dengan meminta lurah Bagan Timur mengumpulkan pemilik lahan untuk bermusyawarah terhadap pembangunan jalan alternatif menuju pusat ibukota tersebut,"katanya.

Selain meminta Lurah mengumpulkan pemilik lahan dirinya juga mengintruksikan kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Rohil secepatnya menurunkan alat beratnya agar lahan tersebut bisa secepatnya dibersihkan."kita minta DBMP untuk segera membersihkan lahan sebelum dilakukan pembekooan, karena saya sangat berkeyakinan pemilik lahan tidak akan minta ganti rugi,"ujarnya Suyatno Optimis.

Dilanjutkan, Pelabaran jalan sepanjang 20 meter itu dilakukan selain pengembangan pariwisata, jalan alternatif juga bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana banjir. "setiap tahunnya warga jalan siak sering terendam banjir. Parahnya lagi, ada warga menjalankan aktifitas sehari-hari dengan menggunakan sampan dayung seperti mengantar anaknya kesekolah. Makanya kita berharap dengan dibukanya parit bepak ini kedepannya jalan siak ini bisa terbebas dari banjir, "harapnya.

Selain itu, Pemkab Rohil nantinya juga akan membangun cafe disepuran parit Bepak yang tujuannya agar daerah itu cepat ramai dan berkembang. Kemudian memperingati hari ulang tahun (Hut) Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya kita akan membuat semacam pertandingan permainan rakyat diparit bepak seperti lomba dayung sampan, lomba tangkap itik diair, lomba pukul bantal diair dan perlombaan menarik lainnya, "tutur Suyatno.

Agar hal ini terealisasi dirinya mengingatkan instansi terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), DBMP, CKTR, dan instansi terkat lainnya agar benar-benar menjalankan program ini dengan baik. "ingat mulai besok (selasa'red) alat berat sudah Stanbay diparit bepak ini, apabila instansi terkait tidak menjalankan program ini maka akan saya berikan sangsi yang tegas, "ancamnya.

Peninjauan Normalisasi Parit Bepak dijalan siak ujung itu turut dihadiri oleh  Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan AP Msi, Plt Kadis DBMP Rohil Jon Syafrindow, Kadis CKTR Suwandi S Sos, Kadis DKPP Ibus Kasri ST, Kadistanak Rohil Ir Muslim, Sekretaris DKPP Rohil Iwan Kurnia SE,  Kabag Humas Setdakab Rohil Hermanto S Sos, Kabag Protokoler H Saiman Amp, Lurah Bagan Timur Robby Kurniawan, dan beberapa pejabat penting pemkab Rohil lainnya. (adv/hms/mat).

 

 

 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]