Raih Tiket Kuliah di UGM, Pemkab Rohil Seleksi 39 Siswa se Kabupaten

Bupati Rohil, Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - 39 siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengikuti ujian seleksi untuk meraih tiket ke Universitas Gajah Mada (UGM). Seleksi ini bertujuan untuk mengambil 10 orang siswa yang akan dibiayai UGM sesuai dengan kuota dan kerjasama Pemkab dengan pihak Perguruan Tinggi UGM.

"Kita berharap dari 39 siswa yang mengikuti seleksi ini bisa diambil oleh PT UGM 10 orang siswa sesuai dengan kuota dan Momorendum of Understanding (Mou) yang sebelumnya telah dilakukan oleh Pemkab Rohil bersama UGM," terang Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Kamis (21/4) pagi kemaren.

Dia berjanji jika siswa itu nantinya telah menamatkan studi pendidikan di UGM, maka akan direkrut bekerja di Pemkab Rohil. "Kita akan kuliahkan para siswa yang berprestasi dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rohil. Namun, setelah menyelesaikan studinya maka siswa itu kita harapkan untuk memberikan kontribusinya bagi daerah dengan bekerja dan mengabdi di Pemkab Rohil, "harapnya.

Sementara itu, Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM mengatakan, 10 siswa yang nantinya dibiayai oleh Pemkab Rohil itu hanya sampai semester VIII sesuai dengan kerjasama yang telah berlangsung beberapa tahun yang lalu. Untuk itu, dirinya mengharapkan agar para siswa dapat menyelesaikan studi nya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Jika memang siswa itu belum menyelesaikan studi-nya sesuai jadwal yang ditetapkan, maka siswa itu akan membayar biaya pendidikannya masing-masing," tandasnya.

Ditambahkannya, selain UGM, Pemkab Rohil juga sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan beberapa kampus besar lainnya seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Riau (Unri), Politeknik Caltek, Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Tapi sayangnya, kerjasama itu telah dihentikan karena pihak Universitas tersebut memutuskan kerjasama dengan seluruh Pemkab yang ada di Indonesie," katanya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar