Puluhan Siswa Empat Kabupaten di Riau Ikuti Seleksi Beasiswa ATPK dan Instiper

Salah satu peserta seleksi beasiswa ikatan dinas Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung dan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta, tengah fokus mengerjakan tes psikotes di Gedung APRIL Learning Institute (ALI), Pangkalan Kerinci.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 80 siswa yang berasal dari sejumlah SMA di empat kabupaten, seperti Siak, Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan, dan Kampar mengikuti tes tertulis untuk merebut kesempatan sebagai peraih beasiswa Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung  dan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta.

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu di seluruh wilayah operasional PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Riau, Selasa (19/4). Tes tertulis tersebut dilaksanakan di Gedung APRIL Learning Institute (ALI), Pangkalan Kerinci.

Salah satu peserta yang mengikuti tes, Ahmad Sabrian Adam (17)  yang ditemui di sela-sela istirahat, mengatakan alasannya mengikuti tes tersebut karena ingin meraih cita-citanya menjadi seorang ahli pertanian. Karena itu, ketika mendengar dibukanya penerimaan beasiswa Instiper ini, ia tidak ragu-ragu untuk mendaftarkan diri.

"Saya sangat ingin berkuliah di bidang pertanian. Untuk mewujudkan mimpi saya, saya ingin mencoba melalui jalur beasiswa Instiper. Saya juga telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sejak kelas 11 supaya saya bisa lancar menjawab soal tes," kata salah satu siswa SMA Negeri 1 Langgam ini sambil masuk ke ruangan tes.

Koordinator Pendidikan Community Development (CD) RAPP, Vonne Kandou mengatakan proses seleksi kedua beasiswa ini dilakukan selama dua hari. Pada hari Selasa (19/4) peserta seleksi menjalankan tes tertulis dari akademik dan psikotes. Kemudian pada hari kedua, Rabu (20/4) peserta akan diwawancarai oleh manajemen dan pihak kampus.

"Untuk tes psikotes, langsung dilakukan oleh tim HRD perusahaan, sedangkan untuk potensi akademik akan langsung dilaksanakan tes oleh Instiper dan ATPK. Jadi tes tersebut murni karena langsung ditentukan oleh pihak kampusnya sehingga lulus tidak lulusnya itu tergantung kemampuan siswa itu sendiri. Untuk pengumuman hasil tes, akan diumumkan pada Mei 2016 mendatang," ujarnya.
 
Dan bagi mereka yang lulus, maka sebelum diberangkatkan ke kota Bandung dan Yogyakarta, lanjut Vonne, mereka akan dibekali dengan berbagai ilmu dan motivasi agar mampu bersaing di kampus masing-masing.

"Selama proses pendidikan berlangsung, biaya hidup dan pendidikan para siswa penerima beasiswa akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan dan dipantau perkembangan belajarnya secara rutin. Setiap tahunnya, manajemen RAPP akan melakukan kunjungan rutin ke setiap kampus guna memberikan motivasi dan melihat perkembangan siswa. Selain itu, perusahaan juga menyiapkan program pengenalan industri RAPP secara bertahap," ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur RAPP Rudi Fajar mengatakan penyelenggaraan seleksi beasiswa tersebut
memberikan kesempatan kepada para generasi muda putra-putri daerah yang ingin melanjutkan
pendidikannya ke perguruan tinggi agar bisa menggapai cita-cita mereka dengan baik.

"Perusahaan ingin turut ambil andil dalam mewujudkan cita-cita para siswa di daerah operasional
perusahaan sebagai salah satu bentuk komitmen dalam memajukan pendidikan. Diharapkan melalui beasiswa ini, mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan membuat mereka terus termotivasi untuk belajar dengan giat dan meraih masa depan lebih baik," katanya menutup. ***


Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar