Cegah Buka Lahan dengan membakar, PT RAPP Berikan Handtractor ke 9 Desa

Bupati Pelalawan H M Harris didampingi Direktur RAPP Rudi Fajar menyerahkan secara simbolis kunci hand tractor kepada para Kepala Desa Pelalawan, Sering, Kuala Tolam, Kuala Panduk, Petodaan, Teluk Meranti, Segamai, Teluk Binjai, dan Pulau Muda di BPPUT, T

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebagai salah satu upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan cara membakar serta membantu terealisasinya desa bebas api yang berkesinambungan, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memberikan bantuan sembilan unit tractor ke sembilan desa yang ada di daerah ini.

Hal ini terungkap saat penyerahan hand tractor yang diberikan secara simbolis oleh Bupati Pelalawan HM Harris langsung diserahkan kepada Kepala Desa yang dilakukan pada Senin (4/4) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu  (BPPUT), Town Site 2 Pangkalan Kerinci.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan H M Harris mengatakan pemberian hand tractor tersebut merupakan bukti kepedulian perusahaan demi mencegah terjadinya kebakaran lahan. Selain mencegah, hand tractor tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di desa tersebut.

"Dengan adanya hand tractor ini, mereka hanya butuh waktu yang singkat sampai memanen hasil kebun mereka. Sehingga perekonomian mereka dapat meningkat. Kami senang tahun ini Desa Bebas Api meningkat menjadi 18 desa. Semoga program Desa Bebas Api RAPP ini dapat dicontoh perusahaan lainnya," jelasnya.

Direktur RAPP, Rudi Fajar mengatakan program Desa Bebas Api merupakan rangkaian untuk mencegah terjadinya Karlahut. Bagi desa yang bisa mempertahankan arealnya untuk tidak terbakar dalam satu periode musim kering, akan diberikan kompensasi sebesar Rp100 juta.

"Hand tractor  ini bertujuan untuk membantu masyarakat untuk membuka lahan tanpa membakarnya. Kemudian, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sembilan desa tersebut. Kami bagikan hand tractor kepada Masyarakat Peduli Api (MPA-red) untuk mencegah mereka membakar lahan dan menciptakan kemandirian pada masyarakat tersebut. Alat ini  merupakan salah satu alternatif untuk pengolahan lahan bagi masyarakat yang juga sejalan dengan pendekatan untuk pengelolaan hutan lestari," ujarnya.

Kepala Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Musri Efendi bersyukur desanya mendapatkan bantuan satu unit hand tractor. Sebab, selama ini warga di sana masih membuka lahan dengan tenaganya sendiri sehingga memakan waktu yang cukup lama.

"Kami sangat senang dengan pemberian hand tractor dari RAPP. Karena mengurangi kesulitan kami dalam membuka lahan. Saya yakin warga desa kami sangat senang," tuturnya. (sbr/rls)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar