Rinto: Sekolah Pungut Biaya PSB, Laporkan ke Dewan!


Rabu,23 Maret 2016 - 01:44:08 WIB
Rinto: Sekolah Pungut Biaya PSB, Laporkan ke Dewan! Anggota Komisi I DPRD Pelalawan, Rinto S.Sos

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Tiap jelang tahun ajaran baru, selalu timbul persoalan terkait adanya pungutan administrasi yang dibebankan sekolah pada orangtua/wali murid. Padahal biaya administrasi untuk Penerimaan Siswa Baru (PSB) sudah dianggarkan dalam dana Bantuan Operasional Sekolah.

"Karena itu, meski masih cukup lama PSB dibuka tapi kami harapkan dalam PSB tahun ini tak ada lagi gejolak soal pungutan ini-itu yang dibebankan sekolah dalam PSB. Dan bagi orangtua atau wali murid yang dibebankan oleh sekolah untuk membayar uang administrasi untuk PSB, segera laporkan ke kami di Komisi 1 dengan membawa bukti-bukti kwitansinya. Kami akan segera menindaklanjutinya," terang anggota dewan Komisi 1, Rinto, pada riaubernas.com, Rabu (23/3/2016).

Rinto mengatakan, selama ini tiap kali tahun ajaran baru selalu ramai di media massa terkait
banyaknya keluhan orangtua/wali murid yang dimintai bayaran oleh oknum-oknum sekolah, saat PSB. Padahal dalam aturan main di Pendidikan Gratis, tak ada pungutan apapun dalam PSB.

"Dalam pendidikan gratis, sekolah harus mematuhi aturan dalam PSB. Artinya, administrasi PSB itu sudah dianggarkan dalam Dana BOS. Jadi gratis tanpa ada pungutan. Jangan karena alasan ini-itu yang dibuat-buat, sehingga sekolah memungut bayaran pada orangtua atau wali murid," tandasnya.

Diakuinya, dalam pendidikan gratis itu memang ada kategori full gratis, setengah gratis dan tidak
gratis bagi yang mampu. Karena itu, bagi yang mampu maka baju sekolah, sepatu atau pun tas
ditanggung sendiri alias tidak full gratis.

"Dan saya rasa, data-data siswa full gratis yang berasal dari keluarga tidak mampu di tiap sekolah sudah dikantongi Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan," terangnya.

Ditambahkannya, pihak sekolah terutama Kepala Sekolah jangan coba-coba melakukan pungutan liar saat PSB. Anggota dewan khususnya Komisi 1 sangat support dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan yang akan memberikan sanksi berat pada Kepala Sekolah yang bermain-main dengan pungutan selama pelaksanaan PSB berlangsung.

"Jadi kita tegaskan sekali lagi, keppala sekolah jangan main-main dengan melakukan pungutan pada orangtua/wali murid selama PSB. Dan orangtua/wali murid juga jangan segan-segan melapor ke kami, jika terjadi pungutan dalam PSB, sertakan juga bukti-buktinya berupa kwitansi pembayaran yang diberikan sekolah," tandasnya menutup. (tha)


Editor    : Ai


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com